ibu melahirkan

Hmm.. tak terasa bagi bunda yang sebentar lagi mau melahirkan pasti udah deg-degan menunggu lahirnya si kecil kedunia ini. Nah, bagi bunda yang kini sedang menunggu saat-saat yang luar biasa ini yaitu melahirkan, yang mungkin tinggal beberapa minggu atau tinggal menghitung hari maka tidak ada salahnya mengecek satu per satu barang yang dibutuhkan untuk persiapan melahirkan nanti. Kalau semua perlengakapan udah siap maka melahirkan pun akan lebih ringan rasanya tanpa harus memikirkan sesuatu yang ketinggalan atau lupa. Yuk bunda cek lagi beberapa hal berikut ini apakah udah bunda persiapkan?

  • Kartu identitas
    Nah yang satu ini pasti banyak yang kelupaan. Kartu identitas! Mempersiapkan kartu identitas adalah sangat penting. Siapkan kartu identitas seperti KTP , kartu kesehatan atau asuransi apabila bunda punya, agar proses administrasi di rumah sakit semuanya lancar.
  • Peralatan pribadi dan pakaian
    Bawalah beberapa baju atau daster untuk bunda, pakaian dalam dan peralatan mandi. Tidak lupa untuk membawa perlengkapan si kecil nantinya yang sudah bunda siapkan jauh-jauh hari.
  • Camera
    Bagi bunda yang ingin mengabadikan moment menakjubkan ini, bunda bisa membawa camera untuk mendokumentasikannya.

Nah, agar bunda lebih siap lagi dalam persiapan sebelum melahirkan, alangkah baiknya bunda mengetahui tanda-tanda kalau bunda akan segera melahirkan seperti berikut ini :

  1. Frekuensi buang air kecil bunda lebih sering, hal ini dikarenakan dorongan pada kandung kemih dan hal ini bisa saja terjadi beberapa minggu atau beberapa jam sebelum bunda melahirkan
  2. Bunda mengalami kontraksi setiap 10 menit sekali dengan durasi 30 sampai 70 detik, semakin dekat kelahiran durasi akan semakin lama dan semakin kuat.
  3. Kontraksi diawali pada bagian atas perut menuju pinggang atau bokong
  4. Keluarnya lendir darah atau cairan secara terus-menerus
  5. Pada perut terasa kencang dalam keadaan atau posisi apapun, baik itu duduk, berdiri ataupun tiduran.

Untuk yang paling penting adalah persiapan mental bunda berikut adalah tips agar bunda merasa siap dalam melahirkan nantinya :

  • Tanamkan didalam hati bunda bahwa bunda bisa melalui ini semua dengan baik
  • Apabila bunda merasa berbuat salah kepada orang terdekat minta maaf lah (contohnya apabila anda merasa ada salah sama ibu maka sebaiknya minta maaf karena ini akan mempengaruhi kemantapan batin, karena keridhoan seorang ibu juga penting)
  • Jangan lupa untuk berdoa setiap saat
  • Pikirkan kalau bunda sebentar lagi akan mempunyai bayi yang sangat lucu yang akan membuat rumah tangga bunda menjadi lebih berwarna

Demikian beberapa ciri-ciri dan persiapan sebelum melahirkan yang perlu bunda ketahui, semoga bermanfaat dan membantu bunda. Bagi bunda yang sebentar lagi akan mempunyai bayi, selamat ya bunda.. tetap semangat dan berdoa. Salam sehat selalu….