POSISI TIDUR IBU HAMIL

Dengan bertambahnya usia kehamilan, bertambah besar pula perut ibu yang sedang mengandung. Hal ini mengakibatkan ibu hamil tidak nyaman dan serba salah dalam posisi tidur dan semua ibu hamil mengalami hal ini.

Banyak ibu hamil yang mempunyai masalah susah tidur selama masa kehamilannya, hal ini normal saja. Akan tetapi, jangan biarkan hal ini begitu saja, karena istirahat yang cukup untuk ibu hamil sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan ibu dan janin di dalam kandungan. Apabila ibu hamil mengalami masalah kurang tidur maka bisa menyebabkan mudah lelah, konsentrasi menurun, badan pegal-pegal, lebih emosional dan ibu hamil juga bisa kehilangan mood.

Ibu hamil yang mengalami susah tidur biasanya disebabkan oleh masalah posisi tidur yang kurang tepat dan kurang nyaman apalagi untuk ibu hamil dengan kondisi perut yang sudah besar. Nah agar ibu hamil bisa merasa nyaman dalam tidurnya, bisa melakukan beberapa tips dibawah ini :

  • Posisi menyamping ke kiri
    Posisi tidur dengan cara ini paling di sarankan oleh dokter, apalagi untuk ibu hamil yang perutnya sudah besar. Karena dengan posisi menyamping ke kiri ini akan membuat hati terletak dibagian kanan perut, sehingga dapat mencegah janin terhindar dari tekanan organ tersebut. Tidak hanya itu, dengan posisi ini juga bisa mengoptimalkan aliran darah ke plasenta dan janin. Agar lebih nyaman, letakkan bantal di antara kaki, dibawah perut atau dibawah punggung.
  • Posisi bersandar pada bantal
    Posisi ini adalah posisi alternatif untuk posisi tidur yang baik dan nyaman ibu hamil. Ibu hamil bisa melakukannya dengan cara meninggikan bantal, kemudian menidurkan bantal tersebut dan bersandar padanya. Apabila ibu hamil susah tidur karena pinggang yang sakit, ibu bisa menggunakan cara dengan menumpuk beberapa bantal kemudian meletakkan kepala pada tumpukan bantal tersebut.

Ibu bisa mencoba beberapa cara tersebut apabila mengalami susah tidur karena keadaan perut yang semakin membesar, dan yang perlu ibu ingat adalah ibu hamil harus menghindari posisi tidur terlentang, karena dengan posisi tidur terlentang dapat menghambat aliran darah ibu ke janin dan ibu susah untuk bernafas, dan dengan posisi terlentang juga beresiko sakit pinggang, gangguan pencernaan, wasir dan pernafasan.

Demikian beberapa tips posisi tidur yang baik dan nyaman untuk ibu hamil, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Salam sehat selalu….