bayi nenen

Dapat menyusui si kecil adalah kebanggaan tersendiri bagi seorang bunda. Tapi apabila bunda sakit apakah boleh tetap menyusui si kecil? Banyak bunda-bunda muda yang bertanya-tanya dengan hal ini, karena mereka baru saja menjadi seorang bunda baru maka mereka sangat khawatir dan bingung apakah aman dalam keadaan bunda sakit tetap menyusui si kecil?

Memang benar, bayi yang menyusu pada bunda yang dalam keadaan sakit beresiko tertular bakteri,virus dan jamur. Proses penularannya pun bermacam-macam bisa melalui udara,kulit dan juga cairan tubuh termasuk ASI. Tapi bunda jangan khawatir, tahukah bunda kalau ASI mengandung antibodi yang sangat diperlukan oleh bayi bunda, dari pada bunda berhenti menyusui tanpa alasan yang tepat, sebaiknya bunda mencari tahu dulu apa saja penyakit yang aman agar bunda tetap bisa untuk menyusui si kecil walaupun dalam keadaan sakit.

Sebenarnya hampir semua penyakit umum tidak menghalangi bunda memberikan ASI pada si kecil. Bila bunda menderita sakit yang disebabkan oleh bakteri,virus dan jamur seperti pilek,batuk,hepatitis atau cacar air bunda masih bisa menyusui, tapi bunda harus menggunakan masker penutup mulut dan hidung ya supaya bayi bunda tidak tertular. Bila bunda terkena cacar air sebaiknya bunda memberi ASI dengan cara diperah untuk sementara waktu, terutama jika cacar air juga terdapat di seputar payudara bunda. Dan ingat bunda harus sabar untuk tidak mencium dede bayi dulu yah…

Selain penyakit umum seperti diatas, penyakit kronis seperti diabetes dan hipertensi juga tidak apa-apa untuk tetap memberikan ASI. Untuk obat-obatan yang dikonsumsi saat sakit biasanya aman untuk ASI karena pada umumnya obat-obatan yang diberikan biasanya tidak mencemari ASI. Untuk lebih yakinnya sebaiknya bunda konsultasi ya pada dokter apakah obat yang bunda minum aman untuk dede bayi. Dan minta penjelasan lebih lanjut mengenai kandungan dan efek samping dari obat tersebut. Jadi tetap semangat dalam memberikan ASI pada bayi bunda ya..Karena ASI sangat penting untuk buah hati bunda.:)