sayuran yang di larang untuk ibu hamil

Ibu hamil memang harus memenuhi diet seimbang, oleh karena itu ibu hamil harus menerapkan pola hidup sehat dengan pola makan yang bagus dan makan makanan yang bernutrisi. Diet seimbang untuk ibu hamil belum lengkap apabila dalam kesehariannya tidak mengkonsumsi sayuran. Ya, sayuran sangat penting bagi ibu hamil karena akan memberikan asupan nutrisi yang bagus bagi kesehatan ibu dan pertumbuhan janin di dalam kandungan. Ada banyak macam sayuran yang bagus untuk dikonsumsi ibu hamil karena mengandung mineral, zat besi, vitamin yang bisa mendukung pertumbuhan janin, jenis sayuran tersebut diantaranya adalah: bayam, brokoli, kangkung, sawi, lembayung dll. Dari sekian banyaknya sayuran, ada juga yang tidak baik apabila dikonsumsi oleh ibu hamil karena kandungan zat tertentu yang dianggap tidak aman untuk janin didalam kandungan. Nah, apa saja sayuran yang tidak baik untuk ibu hamil dan bahkan dilarang untuk mengkonsumsinya? Berikut jenis sayuran tersebut:

  • Daun pepaya
    Saat usia kehamilan masih sangat muda, anda sebaiknya menghindari sayuran yang satu ini, karena daun pepaya mengandung enzim papain yang bisa menyebabkan kerapuhan plasenta janin. Akan tetapi, setelah usia kehamilan anda sudah lebih dari 1 bulan maka tidak apa-apa mengkonsumsi daun pepaya,tetapi tentu saja tidak boleh berlebihan karena bisa menyebabkan perut begah dan kembung.
  • Pare
    Ibu hamil sebaiknya menahan diri dulu untuk tidak mengkonsumsi pare karena mengandung senyawa alkali yang bisa menyebarkan racun yang bisa menyebabkan sakit perut, muntah-muntah, diare, kemerahan pada wajah, gangguan mata, produksi air liur yang berlebih dan kelemahan pada otot. selain senyawa alkali, pare juga mengandung senyawa kina yang bisa membahayakan kehamilan karena bisa merangsang terjadinya penyusutan rahim yang menyebabkan  bayi terlahir prematur atau keguguran. Walaupun pare tidak baik dan bahkan harus dihindari untuk ibu hamil, akan tetapi pare sangat baik untuk dikonsumsi oleh ibu menyusui karena bisa memperlancar dan menambah produksi asi anda saat menyusui nanti.
  • Sayuran mentah
    Sayuran mentah atau lalapan memang sangat nikmat untuk dinikmati saat makan besar. Akan tetapi, lalapan dikhawatirkan mengandung pestisida, bakteri, kuman atau bahkan virus yang masih hidup karena tidak melewati proses pengolahan/ pemasakan yang baik sehingga dikhawatirkan akan membahayakan kesehatan ibu hamil dan janin di dalam kandungan. Oleh karena itu sebaiknya ibu hamil menghindari sayuran mentah ya..
  • Sayuran berpestisida
    Saat ini sangat banyak sayuran yang ditanam dengan menggunakan pestisida berbahaya. Terkadang kandungan pestisida ini susah hilang walaupun telah dicuci. Untuk itu ibu hamil disarankan untuk memilih sayuran organik, agar janin dan kesehatan ibu hamil terhindar dari pengaruh pestisida yang membahayakan.
  • Sayuran berjamur dan busuk
    Alangkah baiknya apabila ibu hamil memilih sayuran yang masih segar, karena sayuran yang sudah berjamur dan busuk walaupun sudah dibuang bagian yang busuk dan dicuci, masih tidak aman untuk dikonsumsi ibu hamil.

Sayur-sayuran memang sangat baik dan banyak manfaatnya untuk ibu hamil, akan tetapi apabila anda salah memilih sayuran maka tidak akan memberikan manfaat lagi, malah bisa menyebabkan beberapa penyakit. Oleh karena itu cermatlah dalam memilih sayuran yang akan anda konsumsi dan selalu perhatikan cara pengolahannya agar nutrisi yang terkandung di dalam sayuran tetap bagus. Cucilah hingga bersih dan masaklah sayuran hingga matang.

Semoga informasi diatas bermanfaat dan salam sehat selalu…