ibu hamil stres

Saat wanita sedang hamil maka akan banyak perubahan yang terjadi pada dirinya karena pengaruh beberapa kondisi dan perubahan hormon secara alami. Hal ini bisa menyebabkan perasaan tertekan atau bahkan stres pada ibu hamil. Padahal stres itu sendiri tidak baik bagi ibu hamil, karena akan berpengaruh pada perkembangan janin yang ada didalam kandungan. Apapun yang sedang dirasakan sang ibu maka janin pun merasakannya. Pada saat wanita sedang hamil maka dia harus menjaga pikirannya agar selalu positif, tenang dan bahagia. Terlalu memikirkan dan mengkhawatirkan sesuatu yang terjadi di sekelilingnya hanya akan menimbulkan masalah pada janin yang dikandungnya. Karena apabila bunda mengalami stress hal ini bisa mengakibatkan tekanan darah naik, denyut jantung berdetak dengan cepat sehingga  tidak baik untuk kesehatan bunda maupun janin didalam kandungan.

Untuk itu ibu hamil perlu mengontrol emosi dan perasaan selama kehamilan, bunda perlu mengubah pola hidup dan kebiasaan. Berikut beberapa tips agar bunda merasa lebih tenang, rileks dan merasa bahagia yang akan membantu kehamilan menjadi sehat.

  1. Tersenyum
    Dengan tersenyum bunda bisa memberikan sedikit rasa senang pada orang lain juga paling penting adalah memberikan rasa bahagia terhadap bunda sendiri, menghilangkan rasa stres dan memberi dampak positif pada janin.
  1. Berdoa
    Dengan berdoa maka hati akan lebih terasa nyaman dan tenang. Bagi umat muslim sangat dianjurkan untuk membaca alqur’an karena hal ini akan sangat positif sekali baik untuk hati bunda maupun janin didalam kandungan, karena janin di usia lebih dari 2 bulan sudah  bisa mendengarkan suara.
  1. Berkomunikasi dengan orang sekeliling
    Bunda punya masalah yang membuat hati bunda tertekan? Cobalah untuk sharing kepada suami atau keluarga hal ini juga bisa meringankan beban bunda. Mengobrol dengan sesama ibu hamil juga menyenangkan lho bunda. Cobalah berbagi pengalaman, hal ini juga akan memberi pengetahuan pada bunda.
  1. Jalan-jalan
    Sesekali bunda bersama keluarga pergilah jalan-jalan, hal ini akan membuat bunda lebih santai dan senang.
  1. Belanja
    Pergi berbelanja membeli pakaian ibu hamil atau perlengkapan bayi yang akan lahir nantinya juga menyenangkan lho bunda. Ada banyak kebutuhan bayi yang lucu-lucu yang akan membuat hati bunda merasa terhibur dan senang.

Itulah beberapa tips mengatasi stres pada ibu hamil. Semoga cara-cara diatas bisa membuat bunda lebih tenang dan senang dalam menjalani kehamilan bunda. Ingat! bunda tidak sendiri, akan tetapi ada si kecil di dalam kandungan bunda. Jadi tetaplah berpikir positif ya bunda. Salam sehat selalu..