tanda tanda akan melahirkan

Bagi anda yang sekarang sedang hamil 9 bulan pasti sudah tidak sabar dengan lahirnya si kecil, dan bersiap-siap menerima julukan yang penuh makna yaitu sebagai seorang ibu. melahirkan adalah suatu proses yang mendebarkan bagi seorang wanita. Pada umumnya bagi ibu yang akan melahirkan, mereka akan merasa takut, tegang, gelisah, bahagia dan tidak sabar untuk menggendong sang buah hati. Pada kondisi seperti ini ibu diharapkan tenang dan mempersiapkan diri dengan baik untuk menghadapi proses persalinan nantinya. Tapi bagaimana dengan ibu yang baru pertama kalinya? Pasti bingung bagaimana cara mengetahui kalau dirinya akan segera melahirkan? Seperti apa tanda-tanda menjelang persalinan? Nah untuk lebih jelasnya, berikut beberapa ciri-ciri umum bahwa ibu akan segera melahirkan / persalinan sudah sekat :

  • Perubahan bentuk tubuh
    Perubahan hormon saat akan melahirkan akan membuat bentuk tubuh ibu hamil menjadi berubah, misalnya tulang kemaluan yang melebar membuat dasar panggul semakin lunak untuk mempermudah jalan lahir bayi, dan juga payudara yang semakin membesar karena asi yang sudah mulai diproduksi.
  • Kepala bayi turun ke panggul
    Turunnya kepala bayi ke rongga panggul bisa terjadi kapan saja biasanya sejak dua sampai 4 minggu sebelum bayi anda lahir.
  • Tekanan panggul
    Kepala bayi yang berada di panggul membuat panggul ibu tertekan dan terasa nyeri, menyebabkan ibu sering buang air kecil dan buang buang besar. Rasa nyeri ini bisa terasa lebih ringan dengan cara berbaring dengan posisi miring ke kiri.
  • Keputihan
    Keputihan ini terjadi karena rahim anda telah melunak, biasanya cairan keputihan ini berwarna putih atau merah muda.
  • Muncul flek
    Munculnya flek seperti lendir bercampur dengan darah. Pertama lendir ini berwarna coklat muda kemudian berwarna coklat hingga seperti darah.
  • Nyeri di punggung
    Nyeri punggung ini disebabkan karena terjadinya relaksasi tulang sendi dan ikatan-ikatannya, tidak hanya itu gerakan bayi yang semakin menekan tulang belakang juga membuat punggung terasa nyeri.
  • Kram / nyeri pada perut
    Nyeri pada perut seperti saat menstruasi juga biasa dirasakan oleh ibu hamil yang sudah dekat dengan persalinannya. Dengan mandi air hangat rasa nyeri ini akan berkurang.
  • Muncul naluri keibuan
    Naluri keibuan ini akan muncul tanpa anda sadari, seperti keinginan untuk menyiapkan perlengkapan bayi, memasak dll. Akan tetapi, anda tetap harus memperhatikan kesehatan agar pada waktu persalinan nanti anda mempunyai tenaga.
  • Menggigil
    Menggigil bisa terjadi karena hormon stres atau karena perubahan kadar hormon progesteron dalam tubuh anda.
  • Diare
    Pelepasan unsur kimia dalam tubuh (prostaglandins) bisa menyebabkan meningkatnya aktivitas usus sehingga timbullah diare.
  • Nafsu makan yang meningkat
    Nafsu makan anda bisa meningkat menjelang hari persalinan.
  • Muntah
    Muntah ini dipengaruhi oleh hormon dan juga efek psikologis karena emosi yang tidak stabil, rasa takut, nyeri dan juga bersemangat.
  • Perut yang mengeras
    Bayi yang telah turun ke mulut rahim akan membuat perut menjadi keras dan juga rasa mulas yang diakibatkannya pun bisa menjadikan perut keras.
  • Kontraksi
    Ibu akan merasakan kontraksi yaitu kontraksi pada rahim yang menimbulkan rasa nyeri pada bagian atas rahim dan menyebar ke seluruh rahim, melalui pinggang lalu ke panggul. Jangan terkecoh dengan braxton hicks atau kontraksi palsu. Ciri-ciri dari kontraksi palsu ini yaitu kontraksi lemah dan durasinya tidak teratur. Sedangkan pada kontraksi rahim, kontraksi terasa sangat kuat menyebabkan perut mulas, dan durasinya semakin lama semakin cepat. Contohnya : anda mengalami kontraksi setiap 1 jam sekali kemudian menjadi 30 menit sekali dan kemudian menjadi setiap 10 menit sekali. Bila anda mengalami kontraksi setiap 10 menit sekali maka segeralah periksakan ke dokter kandungan atau bidan anda, karena hal ini biasanya persalinan sudah dekat.
  • Ketuban pecah
    Bayi di didalam kandungan berada dalam kantung yang berisi air ketuban, sebelum bayi anda lahir, kantung ketuban ini akan pecah dan mengalir dari jalan rahim, yang artinya bayi anda akan segera lahir.
  • Pembukaan
    Dalam proses melahirkan ada istilah yaitu pembukaan, pembukaan ini terjadi ketika kepala bayi sudah berasa di pintu rahim. Pembukaan ini ditandai dengan angka 1 sampai dengan 10, dan bayi akan lahir apabila pembukaan sudah mencapai 10. Pembukaan akan terjadi secara bertahap, satu per satu dan dalam jangka waktu yang tidak bisa dipastikan.

Itulah beberapa tanda-tanda akan segera melahirkan, semoga memberikan pengetahuan bagi anda yang sekarang sedang mempersiapkan diri untuk melahirkan. Dengan mengetahui banyak hal pastinya anda akan merasa siap dalam mengahadapi persalinan nantinya. Perhatikan setiap tanda-tanda atau keluhan yang terjadi pada diri anda agar tahu langkah apa yang harus dilakukan, dan segeralah periksa ke dokter kandungan atau bidan apabila telah muncul gejala-gejala seperti diatas. Agar proses melahirkan anda lancar, anda bisa melakukan tips-tips melahirkan normal, mudah dan lancar. Semoga persalinan anda lancar.. semoga bermanfaat dan salam sehat selalu..