ibu hamil muda

Mendapati diri anda tengah hamil adalah sesuatu yang sangat membahagiakan dan tentu saja sesuatu yang harus benar-benar dijaga. Apalagi bagi anda yang baru pertama mengalaminya. Mungkin banyak pertanyaan yang ada pada pikiran anda mengenai kehamilan yang anda alami tersebut, baik itu yang boleh dan yang tidak boleh maupun yang normal ataupun yang  tidak normal dan  kapan anda harus menghubungi dokter. Banyak perubahan tubuh yang akan anda alami pada masa kehamilan ini khususnya pada semester pertama. Karena pada semester ini biasanya wanita hamil muda banyak mengalami mual, muntah, pusing dll. Tapi apakah semua itu normal. Ternyata dari tanda-tanda wanita hamil muda atau pada trimester pertama ada tanda-tanda yang harus diwaspadai dan memerlukan perhatian khusus seperti tanda-tanda berikut ini :

  1. Mual dan muntah berlebihan
    Mual dan muntah adalah hal yang normal yang banyak dialami oleh wanita hamil muda, akan tetapi apabila mual dan muntahnya kian parah maka perlu diwaspadai karena hal ini bisa membuat anda dehidrasi.
  1. Demam tinggi
    Demam pada ibu hamil yang lebih dari 38 derajat celcius dan disertai nyeri sendi dan munculnya ruam, maka hal ini perlu perhatian khusus karena hal ini bisa menjadi tanda infeksi yang bisa mempengaruhi bayi didalam kandungan. Segera konsultasi ke dokter.
  1. Pendarahan
    Saat hamil muda kadang ada yang mengalami bercak darah itu normal, tetapi apabila pendarahan sudah berat bisa jadi itu tanda keguguran atau bisa jadi kehamilan ektopik.
  1. Keputihan
    Keputihan mungkin adalah hal yang normal, tapi apabila sudah terasa sangat gatal dan warnanya tidak normal / kehijauan maka lebih baik konsultasikan kedokter untuk diobati agar janin didalam kandungan juga sehat.
  1. Panas dan nyeri saat buang air kecil
    Nyeri saat buang air kecil bisa jadi tanda kandung infeksi saluran kemih dan apabila tidak diobati bisa menyebabkan penyakit yang lebih serius seperti infeksi atau kelahiran prematur.
  1. Sakit kepala yang parah
    Pada masa kehamilan memang banyak sekali perubahan  salah satunya ialah pengembangan bekuan darah. Ibu hamil bisa saja mengalami bekuan darah di otak yang bisa menyebabkan sakit kepala yang parah selama kehamilan. Untuk itu lebih baik konsultasikan ke dokter.

Itulah beberapa tanda-tanda bahaya pada kehamilan trimester pertama yang perlu bunda waspadai, apabila bunda mengalaminya lebih baik segera konsultasikan segera ke dokter atau bidan anda. Semoga ini bisa membantu dan bermanfaat. Salam sehat selalu..