ibu hamil diare

Perubahan – perubahan yang terjadi pada ibu hamil itu wajar terjadi, baik itu perubahan hormon, bentuk tubuh, psikis maupun hal-hal yang mungkin diluar kebiasaannya. Sering ibu hamil pada masa kehamilannya mereka mengalami sembelit, akan tetapi juga banyak diantaranya yang mengalami diare. Diare adalah salah satu keluhan yang sering dialami ibu hamil pada masa kehamilannya. Dengan datangnya diare, kehamilan pun menjadi terganggu karenanya. Perubahan fisik dan psikis pada ibu hamil menjadi faktor datangnya diare. Berikut adalah penyebab terjadinya diare :

  • ibu hamil ngidam makanan pedas, asam atau jajanan yang tidak sehat secara berlebihan.
  • Mual dan muntah yang dialami ibu hamil menyebabkan nafsu makan hilang sehingga lambung sering kosong dan iritasi asam lambung
  • Kekebalan tubuh menurun sehingga bakteri atau jamur dengan mudah masuk ke dalam tubuh melalui makanan ataupun udara
  • Alergi pada susu atau makanan lainnya
  • Mengkonsumsi obat pencahar untuk mengatasi sembelit

Diare yang dialami ibu hamil bisa mengganggu kesehatan ibu dan janin didalam kandungan, apalagi jika diare sudah menyebabkan dehidrasi, dan bahkan apabila disertai dengan muntah, demam, keluar lendir atau darah. Oleh karena itu, diare harus selalu kita waspadai karena bisa membahayakan janin hingga pada resiko lahir prematur atau keguguran. Kemungkinan ibu hamil terkena diare sangatlah besar, berikut tips agar terhindar dari diare :

  • Pola hidup yang sehat
    Cuci tangan dengan benar sebelum makan, makan makanan yang sehat dan bersih serta dengan pengolahan  yang baik, hindari makanan mentah yang kemungkinan ada telur cacing ataupun kuman berbahaya, jika ingin menyantap lalapan maka sebaiknya direndam dahulu dengan air garam agar telur cacing mati, rutin berolahraga seperti jalan kaki atau senam.
  • Minum air putih minimal 8 gelas / 2 liter per hari
    Diare akan menyebabkan tubuh mengeluarkan banyak cairan sehingga mengakibatkan tubuh menjadi dehidrasi. Oleh karena itu, minumlah air putih sebanyak mungkin untuk mengembalikan cairan tubuh yang hilang agar tubuh tidak dehidrasi.
  • Minum oralit
    oralit bisa membantu menyembuhkan diare. Oralit dapat dibeli di apotik dalam bentuk serbuk atau membuat sendiri. Cara membuat oralit sendiri yaitu dengan mencampurkan 1 gelas air matang (200 cc) dengan 1 sendok teh penuh gula dan seperempat sendok teh garam lalu aduk sampai benar-benar larut.
  • Minum jus jambu biji
    Dengan mengkonsumsi jambu biji dipercaya dapat menyembuhkan diare
  • Mengganti produk susu hamil
    Ketidakcocokan dalam mengkonsumsi produk susu hamil juga bisa menjadi penyebab diare, oleh karena itu segera ganti produk susu anda dengan produk susu lain.
  • Mengkonsumsi makanan bernutrisi
    Mengkonsumsi makanan bernutrisi dengan kandungan gizi yang lengkap bisa mempertahankan kondisi tubuh yang sehat dan terlindungi dari serangan bakteri atau kuman penyebab diare.
  • Hindari mengkonsumsi obat pencahar
    Apabila anda mengalami sembelit maka sebaiknya tidak menggunakan obat pencahar karena hal ini malah beresiko bisa menyebabkan diare.

Diare dapat menyerang siapa saja, untuk itu bagi ibu hamil agar selalu menjaga kesehatannya, karena diare dapat mengganggu dan membahayakan janin di dalam kandungan. Anda bisa melakukan cara-cara diatas agar terhindar dari diare. Segera periksakan diri anda kedokter apabila terserang diare. Semoga artikel ini membantu anda dan bermanfaat . salam sehat selalu…