exm apda ibu hamil

Banyak ibu hamil yang mengalami masalah pada kulitnya di masa kehamilannya. Permasalahan ini biasanya berupa kulit menjadi merah, gatal. Bersisik, mengeras, bengkak atau melepuh. Keluhan-keluhan tersebut disebut dengan eksim / dermatitis yaitu peradangan pada kulit. Eksim ini bisa berbentuk kering ataupun basah. Tentunya kondisi seperti ini membuat ibu hamil jadi terganggu dan tidak nyaman. Eksim terjadi dapat disebabkan karena faktor keturunan, stres, alergi atau kurangnya menjaga kebersihan. Walaupun kedengarannya masalah kulit ini dianggap penyakit ringan atau terkadang ada yang menganggap enteng, namun eksim harus segera diatasi. Untuk ibu hamil pengobatan eksim tidak boleh sembarangan, pengobatan harus menggunakan cara yang aman agar tidak mengganggu kesehatan ibu dan janin di dalam kandungan.  Nah, untuk itu ibu bisa mencoba cara-cara berikut untuk mengatasi eksim pada ibu hamil. Berikut tipsnya :

  • Menjaga kebersihan tubuh dan lingkungan
    Menjaga kebersihan badan dan lingkungan sekitar sangat penting anda lakukan dan diterapkan pada kehidupan sehari-hari agar terhindar dari penyakit termasuk eksim. Oleh karena itu, anda usahakan untuk rajin mandi, keramas, gosok gigi, cuci tangan, potong kuku, membersihkan rumah, membersihkan kamar mandi, selokan dll.
  • Menjaga kelembaban kulit
    Kulit yang kering bisa menyebabkan timbulnya eksim. Untuk itu selalu jaga kelembaban kulit dengan menggunakan pelembab kulit / lotion, melindungi kulit dari cuaca dingin dan panas yang ekstrim.
  • Menghindari pemicu alergi penyebab eksim
    Eksim dapat juga disebabkan oleh alergi, seperti alergi pada makanan, bahan kimia, sinar matahari, keringat, kain pakaian dll. Apabila anda memiliki alergi tertentu maka segera jauhi sesuatu yang bisa menyebabkan alergi yang memicu timbulnya eksim tersebut.
  • Mengkonsumsi makanan bergizi
    Konsumsilah makanan bergizi agar kebutuhan nutrisi anda terpenuhi seperti : vitamin, karbohidrat, serat, protein, mineral, dll. Sehingga daya tahan tubuh terjaga. Dan jangan lupa untuk minum air putih minimal 2 liter sehari.
  • Istirahat yang cukup
    Kurang istirahat dan tidur menyebabkan anda cepat lelah hal ini bisa juga menyebabkan eksim. Usahakan agar anda cukup tidur dan istirahat.
  • Hindari stres
    Anda harus merasa nyaman, tenang, bahagia. Karena pikiran yang tertekan bisa menimbulkan pemicu terjadinya eksim. Oleh karena itu, usahakan selalu tersenyum  dan bergembira agar terhindar dari stres yang bisa menyebabkan eksim.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa bunda lakukan untuk mengatasi eksim pada ibu hamil. Jangan anggap sepele walaupun hanya penyakit kulit, karena bisa menjalar ke kulit yang belum terkena dan itu akan membuat bunda merasa tidak nyaman. Segera konsultasikan keluhan bunda kepada dokter, biasanya dokter akan memberikan obat salep yang aman untuk ibu hamil dan janin. Semoga bermanfaat dan salam sehat selalu..