tangan ibu hamil kesemutan

Pada masa kehamilan tidak dapat dipungkiri banyak sekali kemungkinan gangguan yang datang pada tubuh tubuh wanita hamil. Salah satunya kesemutan, walaupun kesemutan ini tidak mengganggu janin di dalam kandungan akan tetapi kesemutan bisa mengganggu kenyamanan dan aktivitas ibu hamil sendiri. Apabila ibu hamil mengalami kesemutan pada tangannya itu terjadi karena adanya tekanan saraf pada tangan dan ditambah dengan adanya perubahan hormon selama kehamilan sehingga menghambat sirkulasi cairan yang bisa memampatkan saluran pada pergelangan tangan. Kesemutan pada wanita hamil biasanya terjadi pada kehamilan trimester ketiga dan akan hilang dengan sendirinya setelah melahirkan. Kesemutan biasanya sering terjadi setiap bangun tidur karena posisi tidur yang salah, atau karena penekanan pada lengan dan pergelangan tangan saat tidur. Untuk ibu hamil yang mengalami tanda-tanda seperti dibawah ini maka ada kemungkinan anda mengalami kesemutan :

  1. Bagian ibu jari dan jari tengah sering mati rasa
  2. Tangan terasa lemah dan bengkak karena penumpukan cairan
  3. Nyeri saat menggerakkan jari terutama pada ibu jari
  4. Rasa nyeri menyebar ke lengan atas atau bawah
  5. Sulit mengkoordinasikan kerja tangan

Untuk mendukung kegiatan anda sehari-hari tentu akan lebih baik apabila tangan anda sehat dan terbebas dari gejala-gejala kesemutan seperti diatas. Oleh karena itu kesemutan harus segera diatasi, berikut beberapa tips yang dapat mengatasi gangguan kesemutan pada ibu hamil :

  • Istirahat
    Kesemutan pada tangan bisa disebabkan karena tangan bekerja berlebihan, oleh karena itu penting bagi tangan anda untuk istirahat apabila tangan anda sudah kelelahan. Hindari tidur miring yang dan menekan / menindih tangan yang menderita kesemutan.
  • Posisi tidur yang baik
    Posisikan tubuh dan tangan senyaman mungkin, hindari tangan tertindih badan.
  • Olahraga rutin
    Walaupun keadaan anda sedang hamil dan perut besar, anda tetap di sarankan untuk berolahraga yang ringan. Anda bisa melakukan yoga, senam atau jalan kaki. Dengan berolahraga otot akan menjadi lentur dan sirkulasi darah menjadi lancar sehingga akan terbebas dari kesemutan.
  • Relaksasi dengan air hangat
    Mandi dengan air hangat dan rendam tangan yang kesemutan dengan air hangat yang dicampur dengan garam.
  • Menjaga posisi tubuh yang benar
    Hindari posisi tubuh yang menekan berat badan dan bertumpu pada tangan. Berlutut misalnya hal ini sangat memungkinkan terjadinya kesemutan.
  • Latihan peregangan otot
    Latihan gerakan mengepalkan jari lalu merilekskannya kembali atau lakukan gerakan memutar pergelangan tangan lalu meregangkan telapak dan jari tangan.
  • Hindari kafein
    Hindari mengkonsumsi teh, kopi dan cokelat
  • Hindari asap rokok
    Asap rokok tidak baik bagi anda dan janin di dalam kandungan
  • Minum air putih yang cukup
    Minumlah air putih minimal 8 gelas / 2 liter liter sehari agar terhindar dari dehidrasi dan gangguan sendi seperti pegal, nyeri atau kram.

Itulah beberapa cara agar terbebas dari kesemutan saat hamil, sering kali ibu hamil mengalami kesemutan ini. Untuk itu bagi anda yang mengalami kesemutan bisa mencoba tips diatas. Apabila sudah mencoba namun kesemutan tidak juga berhenti atau tidak sembuh-sembuh maka konsultasikan kepada dokter anda. Semoga kehamilan anda selalu sehat. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu. Salam sehat selalu.