mual

Morning sickness sering dialami oleh ibu hamil pada trimester pertama, hal ini sangat tidak nyaman dirasakan. Sayangnya morning sickness tidak dapat dicegah karena produksi hormon kehamilan yang meningkat membuat indera pengecap dan penciuman menjadi semakin peka. Bunda tidak usah pusing dibuatnya yuk coba beberapa tips untuk mengatasinya. Berikut tipsnya :

  1. Minum air yang banyak
    Jika bunda sering mengalami muntah, maka banyak-banyaklah minum air, usahakan minum air minimal 8 gelas sehari / lebih. Cobalah bunda juga minum di antara waktu makan, jika bunda harus minum selama makan maka batasi jumlahnya agar perut bunda tidak terlalu kenyang.
  1. Makan-makanan yang bunda suka
    Pada kehamilan trimester awal biasanya banyak ibu hamil yang tidak selera makan. Tetapi perut yang kosong malah akan membuat kondisi semakin buruk karena sedikitnya kadar gula darah. Cobalah bunda untuk mengunyah beberapa potong biskuit setelah bangun pagi. Makan makanan kecil yang asin dan camilan yang mengandung karbohidrat kompleks misalnya roti gandum sebelum tidur supaya rasa mual berkurang. Beberapa ibu hamil mengaku saat mereka makan makanan yang asin atau asam maka rasa mual mereka berkurang. Jika bunda mengidam suatu makanan sebaiknya makan saja tapi hindari makan makanan yang bisa memicu rasa mual.
  1. Minum obat
    obat yang bisa membantu tidur bunda, yang mengandung bahan anti mual dan sebagian besar ahli kesehatan menyatakan obat tidur aman dikonsumsi oleh ibu hamil. Atau bunda bisa mencoba resep tradisional seperti wedang jahe. Jahe juga bisa mengatasi rasa mual.

Selamat mencoba ya bunda..salam sehat selalu..