sumber gambar : informasi-kehamilan.blogspot.com
sumber gambar : informasi-kehamilan.blogspot.com

Sakit punggung adalah keluhan yang paling banyak dirasakan oleh wanita hamil. 2 dari 3 ibu hamil mengaku menderita nyeri pada punggung mereka selama kehamilan. Mengapa hal ini terjadi? Seiring berkembangnya kehamilan bunda, rahim akan terus berkembang. Untuk menyeimbangkan penambahan berat badan di depan, panggul bunda akan kebelakang dan banyak ibu hamil yang meresponsnya dengan ikut menekuk punggung bagian belakang yang akan memberi tekanan pada tulang belakang. Kebanyakan dari ibu hamil merasakan keadaan ini sangatlah tidak nyaman. Untuk mengurangi sakit punggung saat hamil, bunda bisa mencoba beberapa tips atasi sakit punggung saat hamil di bawah ini :

  • Tidur dengan posisi yang benar

Agar sirkulasi darah bunda optimal selama kehamilan tidurlah disisi sebelah kiri. Letakkanlah satu bantal diantara kaki bunda untuk menjaga keseimabangan dan satu lagi dibelakang punggung untuk bantuan ekstra. Hal ini akan membantu bunda menyembuhkan rasa nyeri dan tidur malam pun akan lebih nyenyak.

  • Terapis fisik ibu hamil

Jika bunda merasa sakit punggung sudah sangat mengganggu, pergilah untuk mengunjungi terapis fisik,hal ini aman untuk kehamilan selama terapis yang anda pilih benar-benar mengerti kebutuhan ibu hamil. Terapis yang baik bisa membantu bunda menguatkan dan menambah fleksibilitas tubuh bunda agar bunda merasa lebih nyaman.

  • Menguatkan tubuh bagian tengah

Lakukankanlah latihan ini 5 kali dalam 3 hari selama seminggu : letakkan tangan diatas lutut bunda, tarik perut kedalam, ulurkan satu tangan ke depan lalu julukan kaki ke arah berlawanan di belakang bunda, ulangi untuk sisi yang lainnya. Berlatihlah untuk meregangkan lengan dan kaki yang berlawanan pada saat bersamaan. Otot perut membantu menopang punggung, Apabila bunda menjaganya tetap kuat, hal ini bisa mengurangi rasa tegang.

  • Pilihlah sepatu yang tepat

Memakai sepatu bertumit datar kurang menopang tulang belakang dari pada bunda memakai sepatu yang memiliki sedikit hak /wedges(sepatu dengan hak yang mempunyai bentuk kelengkungan yang baik dan tinggi tidak lebih dari 4 cm) sesekali bunda boleh memakai nya.

  • Memperbaiki postur tubuh bunda

Memperbaiki cara bunda berdiri juga bisa menghilangkan rasa sakit punggung. Dengan menegakkkan kepala dan tarik bagian pusat sejajar tulang belakang.Tekuk lutut alih-alih pinggang sehingga kaki dan pantatlah yang menanggung bobot tubuh bukan punggung bunda.

  • Olahraga ringan secara rutin

Menggerakkan tubuh secara rutin bisa membantu punggung bunda lebih kuat dan tidak kaku.

  • Memakai korset hamil

Korset hamil bisa menopang bagian tengah dan punggung. Hal ini bisa mengurangi rasa sakit. Pakailah pada waktu bekerja dan melakukan pekerjaan rumah tangga. Lepaskan saat bunda beristirahat.

Apabila rasa sakit dirasakan di bagian punggung bawah juga mengalami tekanan pada panggul,kejang perut,kontraksi dan cairan keputihan meningkat maka segeralah hubungi dokter bunda karena bisa jadi pertanda kelahiran prematur. Semoga tips ini bisa membantu bunda, dan bunda bisa menjalani masa kehamilan dengan ceria. Salam sehat selalu ya bunda.. 🙂