melahirkan lancar

Persalinan adalah peristiwa penting yang dinantikan oleh setiap ibu hamil yang mana usia kehamilannya sudah tiba pada waktunya (9 bulan). Banyak ibu hamil yang mencari informasi mengenai tips dan cara supaya mereka bisa melahirkan secara normal, mudah dan lancar. Apalagi untuk ibu hamil yang baru pertama kali mengalaminya, pasti akan merasa penasaran, cemas, takut dan mungkin ada yang merasa belum siap. Banyak diantara mereka yang bertanya kepada ibu-ibu yang sudah punya anak, namun seringkali malah mereka takut akan cerita tersebut yang kebanyakan ceritanya adalah rasa yang amat sakit karena melahirkan.

Agar bunda bisa melahirkan normal, mudah dan lancar bunda harus melakukan beberapa persiapan untuk menghadapinya.

Berikut saya informasikan beberapa tips agar bunda bisa melahirkan normal, mudah dan lancar.

  • Menjaga kesehatan

Sebagai ibu hamil, bunda wajib mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi seimbang. Makanlah sayur-sayuran dan buah-buahan secara rutin karena hal ini akan sangat bermanfaat untuk kesehatan dan kandungan bunda.

  • Olahraga rutin

Jangan karena bunda sedang hamil terus bunda malah bermalas-malasan. Hal ini salah besar. Dengan olahraga ringan secara rutin maka akan membantu bunda mempersiapkan otot-otot saat melahirkan nanti. Tetapi ingat bukan olahraga yang berat ya bunda, jalan kaki dipagi hari misalnya olahraga yang satu ini sangat bagus juga menyenangkan untuk bunda lakukan. Hal ini sudah banyak dibuktikan sejak dulu bisa melancarkan proses persalinan.

  • Periksa ke dokter kandungan secara rutin

Periksakanlah kehamilan bunda secara rutin mengenai perkembangan kehamilan bunda, konsultasikan setiap terjadi keluhan agar bunda siap pada saat melahirkan nanti.

  • Berpikiran positif dan rileks

Berusahalah untuk selalu berpikiran yang positif dan rileks. Agar janin yang ada didalam kandungan sehat dan aktif. Karena segala yang dipikirkan oleh bunda juga mempengaruhi janin di dalam kandungan. Dengarkanlah musik klasik agar bunda dan janin bisa rileks dan nyaman.

  • Menyiapkan posisi bayi

pada saat kehamilan sudah memasuki trimester terakhir ( kehamilan tua) maka sebaiknya bunda mempersiapkan posisi bayi bunda agar siap untuk keluar. Posisi bayi yang tepat untuk keluar ialah kepala bayi berada dibawah.  Bunda bisa melakukannya dengan cara bersujud hal ini akan membantu kepala bayi turun.

  • Aktif di saat kontraksi

Pada saat terjadi kontraksi berusahalah untuk tetap menegakkan badan supaya posisi bayi turun lebih mudah dan proses pembukaan lebih cepat.

  • Menjaga energi

Apabila terjadi kontraksi berusahalah untuk tetap makan dan minum pada saat jeda kontraksi, agar bunda tidak kekurangan energi pada waktu melahirkan nanti. Karena kontraksi menyebabkan bunda cepat lelah dan bisa kehilangan energi.

  • Saat terjadi kontraksi tarik nafas panjang

Saat terjadi kontraksi usahakan untuk  tidak bernafas secara tergesa-tega, tarik nafas panjang dan hembuskan pelan-pelan hal ini bisa meringankan rasa nyeri yang bunda rasakan.

Semoga tips melahirkan secara normal, mudah dan lancar tersebut bisa bermanfaat untuk bunda, tetaplah berusaha dan tak lupa bunda terus berdoa. Semangat ya bunda .. semoga bayinya sehat dan diberi kelancaran dalam melahirkan.. amin.