Berat badan janin

 

Kehamilan adalah saat yang ditunggu-tunggu oleh pasangan suami istri. Untuk itu jagalah kehamilan dengan baik, periksakan dengan rutin kandungan anda ke dokter kandungan untuk mengetahui setiap perkembangan yang terjadi pada janin. Biasanya dokter melakukan pemeriksaan melalui alat yaitu USG, dengan alat ini dokter akan mengetahui berat badan janin, denyut jantung bahkan panjang janin. Dengan pemeriksaan ini anda akan tahu jika berat badan janin anda normal atau kurang. Berat badan janin yang kurang bisa beresiko terhadap kesehatannya, seperti plasenta previa sehingga distribusi nutrisi dari ibu ke janin terganggu, bayi lahir dengan berat yang kurang, bayi lahir prematur, bayi lahir dengan gangguan fungsi jantung. Oleh karena itu, ibu hamil diharapkan bisa menambah berat badan janin agar bayi bisa lahir dengan normal terbebas dari gangguan kesehatan sehingga dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Bagi anda yang sekarang sedang hamil dan janin dengan berat badan kurang? Jangan khawatir karena hal tersebut bisa diatasi.

Berikut beberapa tips untuk menambah berat badan janin :

  • Penuhi asupan gizi
    Ibu hamil sebaiknya mengkonsumsi makanan yang bernutrisi dengan gizi yang seimbang dan lengkap yang mengandung protein, karbohidrat, lemak tak jenuh, kalsium dll. Cukupi kebutuhan nutrisi janin agar berat badan bertambah dengan mengkonsumsi makanan berprotein tinggi serta mengandung vitamin C dan juga kalsium seperti susu, daging sapi, ayam, kacang-kacangan, ikan laut, oatmeal, minyak ikan, buah, sayur-sayuran, biji-bijian. Ibu hamil juga bisa mengkonsumsi makanan tersebut dengan porsi 2 kali lebih banyak dengan ditambah susu minimal 2 kali sehari. anda juga bisa mengkonsumsi camilan sehat seperti biskuit, yogurt, kue manis dan es krim.
  • Gaya hidup yang sehat
    Menjaga kesehatan ibu dan janin adalah penting, anda bisa memulainya dengan menerapkan gaya hidup sehat, hindari minuman beralkohol, minuman berkafein, merokok dan menggunakan obat-obatan yang tidak dianjurkan dokter.
  • Berolahraga
    Olahraga bisa membuat badan ibu hamil menjadi segar dan bugar, dan juga dapat melancarkan peredaran darah dan distribusi nutrisi ke janin. Jadi rajinlah berolahraga ya bunda..
  • Hindari stres
    Cemas, kelelahan, ketakutan yang berlebih dan stress, hal ini bisa membuat anda tidak selera makan. sehingga menyebabkan janin tidak mendapatkan nutrisi yang cukup dan bisa mengakibatkan berat badan janin kurang.
  • Mengkonsumsi suplemen
    Minumlah selalu multivitamin dan suplemen yang dianjurkan oleh dokter agar asupan nutrisi yang dibutuhkan janin terpenuhi, dengan begitu berat badan janin anda akan bertambah.
  • Memperbanyak minum
    Ibu hamil usahakan untuk minum minimal 2 liter sehari atau 8 gelas per hari agar terhindar dari dehidrasi serta mencegah gangguan kehamilan seperti mual, pusing dan pegal-pegal.

Itulah tadi beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk menaikkan berat badan janin di dalam kandungan, usahakan selalu memberikan yang terbaik untuk buah hati anda. Jika anda sudah melakukan tips-tips diatas tetapi berat badan janin anda tetap kurang, maka segeralah konsultasikan dengan dokter kandungan anda untuk diketahui penyebabnya. Demikian, semoga bermanfaat dan salam sehat selalu..