keputihan pada ibu hamil

Perempuan pada umumnya sering mengalami keputihan, lalu bagaimana dengan ibu hamil?

Ya, ibu hamil juga sering mengalami tanda-tanda adanya keputihan, terutama pada wanita hamil muda atau trimester pertama. Jelas kondisi ini sangat tidak nyaman, membuat rasa khawatir dan tak jarang keputihan juga mengakibatkan sakit pada perut. Karena dalam keadaan mengandung, bunda juga akan khawatir apakah hal ini akan mempengaruhi dengan kondisi janin didalam kandungan.

Keputihan sendiri bisa terjadi karena beberapa faktor diantaranya psikologis bunda seperti stres atau kondisi tubuh yang kelelahan dan perubahan hormon pada masa kehamilan. Tak jarang keputihan juga terjadi dari trimester pertama sampai trimester akhir.

Keputihan yang normal apabila cairan yang keluar berwarna bening, encer dan tidak berbau, akan tetapi apabila keputihan terasa lengket, berbau, berwarna kuning, nyeri saat buang air kecil dan terasa gatal pada organ kewanitaan maka sebaiknya konsultasikan kepada dokter atau bidan bunda. Karena dikhawatirkan hal tersebut mengganggu perkembangan janin didalam kandungan.

Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi keputihan pada ibu hamil :

  1. Menjaga selalu kebersihan organ intim dengan membersihkannya setiap selesai buang air kecil dan jangan tidak lupa membasuh dengan cara yang benar, dari arah depan kebelakang.
  2. Hindari memakai sabun mandi atau sabun pembersih vagina yang biasanya bersifat antiseptik. Saat membersihkan organ kewanitaan sebaiknya menggunakan air mengalir bukan dari air yang ditampung di bak mandi.
  3. Jangan berendam di air hangat, karena jamur yang menyebabkan keputihan sangat mudah berkembangbiak di suhu tersebut.
  4. Gunakan celana dalam yang terbuat dari bahan katun yang mudah menyerap keringat.
  5. Jangan menggunakan pantyliner, karena bahan pada pantyliner dapat menyebabkan bakteri berkembang biak dengan mudah.
  6. Hindari makan makanan siap saji, makanan yang mengandung pengawet, makanan yang mengandung ragi atau makanan yang mengandung gula yang cukup tinggi karena makanan ini bisa meningkatkan hormon pada organ kewanitaan.

Itulah beberapa tips mengatasi keputihan pada wanita hamil. Semoga bisa membantu dan bermanfaat. Salam sehat selalu..