kalender masa subur

Sebagai seorang wanita pada dasarnya sangat ingin sekali mempunyai anak, apalagi bagi mereka pasangan yang sudah menikah tetapi belum juga dapat momongan. Hal itu dikarenakan proses pembuahan yang dilakukan tidak pas pada waktu masa subur. Banyak wanita yang tidak tahu kapan masa subur / masa ovulasi terjadi pada dirinya. Karena jika sel sperma bisa membuahi tepat disaat ada sel telur matang maka kehamilan pun akan terjadi. Untuk mengetahui kapan masa subur anda, anda bisa mencari tahu tanda-tanda pada tubuh dengan cara sebagai berikut :

  1. Perubahan emosi

Pada masa ovulasi emosi anda jadi tidak stabil sering bergejolak ini dikarenakan hormone reproduksi anda meningkat yang mempengaruhi emosi anda. Jika ini terjadi diantara 2 siklus haid maka bisa jadi ini adalah masa subur anda.

  1. Menghitung masa subur

Bagi wanita dengan siklus haid yang teratur, masa subur bisa diketahui dengan  menggunakan rumus biasa yaitu masa subur biasa terjadi pada hari ke 14 sebelum hari pertama siklus haid selanjutnya.

  1. Kram perut

Pada waktu menjelang ovulasi, biasanya terjadi peningkatan kadar hormon di dalam tubuh. Keluhan yang sering terjadi biasanya adalah kram pada otot rahim, Kram ini muncul dalam keadaan anda sedang tidak haid.

  1. Perubahan mukosa leher rahim

Pada saat masa subur, mukosa akan lebih bening, kenyal dan licin seperti putih telur ayam mentah. Mukosa biasanya tertinggal di celana dalam. Amatilah Mukosa tersebut dengan cara melihat kekentalannya dengan meletakkan lendir diantara ibu jari dan telunjuk, lalu meregangkan kedua jari. Apabila lendir tidak putus saat diregangkan dan jaraknya cukup lebar maka saat itu adalah masa subur anda.

  1. Payudara lunak

Pada masa subur, payudara akan terasa membengkak dan lebih lunak dari biasanya.

  1. Suhu basal tubuh naik

Suhu tubuh manusia pada umumnya berkisar 36-37 derajat celcius. Saat ovulasi terjadi suhu dalam tubuh akan meningkat lebih dari suhu biasanya. Kenaikan ini terjadi karena indung telur melepas sel telur matang, dengan pengaruh hormone progesterone.

  1. Bibir kelamin membesar

Pada masa subur kadar hormone reproduksi meningkat  sehingga mempengaruhi organ-organ reproduksi lainnya. Salah satunya menyebabkan bibir kelamin menjadi lebih besar dari biasanya dan lebih sensitive.

  1. Hasrat seksual meningkat

Pada masa subur biasanya hasrat seksual meningkat ini dikarenakan pengaruh hormone reproduksi di dalam tubuh.

 

Jadi apabila tanda-tanda tersebut dialami oleh anda bisa jadi itu adalah masa subur anda maka pergunakanlah kesempatan itu sebaik mungkin, terus berusaha, dan berdoa.  semoga anda bisa segera memperoleh momongan. itulah beberapa cara mengetahui masa subur semoga bisa membantu dan bermanfaat.amin..