konstraksi palsu

Bagi anda yang sedang hamil besar atau masa kehamilan sudah menginjak 9 bulan maka tidak asing lagi dengan istilah kontraksi palsu. Kontraksi palsu ini tidak seperti tanda-tanda kontraksi persalinan yang sebenarnya, dan juga kontraksi palsu ini tidak menyakitkan, intervalnya tidak beraturan dan makin lama makin melemah lalu menghilang. Kontraksi palsu ini umumnya terjadi saat usia kehamilan 32 sampai 34 minggu. Tanda-tanda dari Kontraksi palsu atau Braxton Hicks ini yaitu ditandai dengan perut terasa kencang, tegang lalu mengendur secara bergantian seperti halnya ketika kram saat menstruasi. Walaupun berupa kontraksi palsu akan tetapi rasa nyeri yang ditimbulkan kontraksi ini sering membuat tidak nyaman, khawatir, tegang dan gelisah. Bahkan banyak ibu hamil yang tertipu dan mengira kalau dirinya sedang mengalami kontraksi yang sebenarnya. Oleh karena itu tetaplah bersikap tenang saat kontraksi datang. Berikut ada beberapa tips yang bisa mengurangi rasa nyeri saat anda mengalami kontraksi palsu.

  • Mandi dengan air hangat
    Dengan mandi air hangat dipercaya bisa mengurangi rasa nyeri karena kontraksi. Otot-otot tubuh yang tegang akan kembali mengendur dengan bantuan air hangat, dengan begitu rasa nyeri anda akan berkurang dan anda pun merasa nyaman.
  • Ganti posisi tubuh
    Saat terjadi kontraksi berada dalam satu posisi yang cukup lama, malah akan menambah rasa nyeri. Anda dapat mengubah posisi tubuh dari berdiri ke duduk atau sebaliknya, anda juga bisa berbaring miring sambil mengelus perut.
  • Lakukan teknik pernafasan untuk relaksasi
    Apabila kontraksi datang maka lakukanlah teknik pernafasan yang benar, dengan begitu anda akan merasa lebih rileks dan rasa nyeri perlahan akan berkurang.
  • Istirahat
    Ibu hamil yang terlalu kelelahan juga mudah kontraksi, agar rasa nyeri berkurang saat kontraksi, sebaiknya ibu segera beristirahat atau tidur.
  • Atur posisi tubuh
    Lakukanlah aktivitas yang tidak melawan gravitasi agar rasa nyeri berkurang, misalnya saja anda bisa membuka panggul dengan posisi duduk santai bersandar pada dinding.
  • Lakukan pijatan
    Pijatan juga bermanfaat mengurangi rasa nyeri dan memberikan efek rileks.
  • Makan dan minum camilan sehat
    Minum saat terjadi kontraksi ternyata bisa menghilangkan rasa nyeri, dan juga mengkonsumsi camilan saat kontraksi juga dapat mengurangi rasa nyeri. Tetapi, ibu tetap harus pintar memilih camilan ya..pilihlah camilan sehat seperti roti gandum, buah atau rebusan sayuran.
  • Yakinkan diri
    Rasa cemas, takut, gelisah dan tegang malah akan menambah rasa nyeri, oleh karena itu yakinkan diri anda bahwa proses persalinan adalah hal yang membahagiakan.
  • Ciptakan kebahagiaan anda
    Kontraksi dipengaruhi oleh hormon oksitosin yaitu hormon yang akan bekerja jika anda berada dalam kondisi yang nyaman dan bahagia, oleh karena itu mintalah dukungan keluarga dan suami untuk selalu memberikan dukungan kepada anda.

Itulah beberapa cara dalam menghadapi kontraksi palsu, tenangkan diri anda saat terjadi kontraksi, selalu berpikir positif dan yakinlah bahwa anda bisa melalui masa itu dengan baik. Konsultasikan segala keluhan kehamilan pada dokter kandungan anda. Semoga uraian diatas bisa membantu anda dan bermanfaat. Salam sehat selalu…