trimester pertama

Memasuki trimester pertama adalah sebuah masa yang sangat rawan untuk seorang ibu hamil, dimana pada saat ini adalah masa pembentukan janin. Jika salah melakukan sesuatu, akibatnya ada hal buruk yang terjadi pada pertumbuhan janin. Untuk itu ketika seorang wanita sedang hamil terutama memasuki trimester pertama, ada beberapa hal yang harus dijaga dengan baik, seperti :

  1. Perhatikan asupan gizi
    Biasanya ketika seorang wanita sedang hamil terutama pada trimester pertama, maka fluktuasi hormon menjadi tidak stabil, akibatnya tubuh menjadi malas atau kurang nafsu makan. Sedangkan pada masa itu janin dan tubuh ibu sangat membutuhkan banyak sekali nutrisi untuk proses pembentukan janin. Untuk mengatasi hal tersebut ada baiknya jika Anda mencari cara untuk dapat mengkonsumsi makanan yang bergizi. Anda dapat membuat sebuah kreasi makanan tertentu agar selera makan menjadi naik, atau Anda juga dapat membuat sebuah camilan padat gizi. Perbanyak sayuran, buah-buahan, dan makanan lainnya agar berbagai macam nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu dan janin terpenuhi.

  2. Kekola emosi
    Ada juga harus pandai dalam mengelola emosi. Seperti yang dijelaskan di atas, ketika memasuki trimester pertama maka hormon menjadi kurang stabil, itu sebabnya emosi juga menjadi tidak seimbang. Mengumbar emosi juga akan berdampak buruk bagi kesehatan janin. Apalagi jika Anda stress, hal itu akan membuat kesehatan janin terganggu, bahkan bisa jadi perkembangan janin akan sangat terganggu. Mungkin banyak ibu yang tidak menyadari bahwa ketika seseorang wanita sedang hamil, maka emosi ibu dan janin akan saling terkait, dengan demikian ketika ibu emosi, maka janin juga akan merasakan hal yang sama.
  3. Perhatikan aktivitas yang hendak dilakukan
    Anda juga harus memperhatikan aktifitas yang akan dilakukan, ada baiknya jika Anda menghindari kegiatan berlari, melompat, atau terlalu lama membungkuk. Khusus untuk trimester pertama, ini adalah masa dimana janin sedang mengalami perkembangan. Untuk itu dibutuhkan tenaga atau energi yang cukup besar untuk dapat membuat beberapa organ tertentu pada tubuh janin. Efek yang akan didapat oleh ibu adalah mudah lelah, karena energi banyak terserap oleh janin. Itu juga yang banyak disarankan oleh para dokter atau bidan, agar tubuh ibu cepat pulih. Untuk mengatasi tubuh yang mudah lelah, sebaiknya Anda banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung protein, agar energi cepat terbentuk dan dapat melakukan aktivitas seperti biasa.
    Terlalu banyak melakukan aktivitas fisik bagi beberapa wanita tertentu tidak menjadi masalah, akan tetapi bagi sebagian lainnya melakukan aktivitas fisik terlalu banyak akan menimbulkan pendarahan, hal itu sebagai tanda bahwa tubuhnya membutuhkan istirahat lebih.

  4. Selalu berkonsultasi pada dokter
    Banyak orang yang menganggap sepele trimester pertama,  padahal ini adalah masa rawan dimana bayi sedang dibentuk di dalam perut ibu. Oleh karena itu tidak ada salahnya jika Anda rajin melakukan cek up ke dokter untuk melihat tumbuh kembang janin, dan jika seorang ibu mempunyai masalah serius pada kesehatannya, maka dokter akan segera mengetahui tindakan apa yang harus dilakukan agar ibu dan bayi tumbuh dengan sehat.

Jadi jika saat ini Anda sedang hamil dan memasuki trimester pertama, ada baiknya jika Anda berhati-hati dengan berbagai macam aktivitas yang sering dilakukan, hal ini sebagai tindakan pencegahan dan penjagaan terhadap tumbuh kembang janin selama trimester pertama tersebut. Semoga artikel ibu hamil ini bermanfaat untuk Anda semua.