menunda kehamilan

Pada umumnya bagi pasangan yang baru menikah mereka akan sangat mendambakan seorang bayi agar menambah keharmonisan dalam rumah tangganya. Akan tetapi banyak pula yang ingin menunda untuk hamil. Bukan tanpa alasan atau tidak mau hamil, banyak diantaranya karena belum siap secara psikis untuk menimang bayi, pekerjaan yang mengharuskan menunda kehamilan, karena mempunyai penyakit atau bahkan karena belum siap secara ekonomi dll. Untuk menunda kehamilan sebaiknya anda jangan sembarangan memilih cara, carilah cara menunda kehamilan yang aman dan sehat untuk mewujudkannya. Berikut beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk menunda kehamilan secara aman :

  • Tidak melakukan hubungan intim
    Cara yang paling aman dan terjamin keberhasilannya dalam menunda kehamilan adalah dengan tidak melakukan hubungan intim, dengan tidak melakukan hubungan intim maka tidak terjadi pertemuan antara sel sperma dan sel telur sehingga tidak terjadi kehamilan.
  • Sistem kalender
    Bagi anda yang memiliki siklus menstruasi yang teratur maka bisa mencoba cara ini, yaitu dengan melakukan hubungan intim pada tanggal tertentu saat anda tidak berada dalam masa subur. Atau anda bisa meminta bantuan kepada dokter untuk menghitung kapan masa tidak subur anda. Akan tetapi metode kalender ini tidak menjamin dapat mencegah kehamilan
  • Berhubungan intim dengan alat kontrasepsi
    Saat ini banyak alat kontrasepsi yang bisa mencegah kehamilan yang aman digunakan karena telah memiliki standar kesehatan yaitu anda bisa menggunakan kondom, pil kb atau suntik.
  • Senggama terputus
    Menunda kehamilan juga bisa dilakukan dengan cara senggama terputus, metode dapat anda lakukan dengan cara menarik keluar penis sebelum ejakulasi dengan begitu sperma tidak masuk ke vagina.
  • Konsumsi ramuan tradisional
    Menunda kehamilan juga bisa dilakukan dengan mengkonsumsi ramuan tradisional seperti ramuan daun sirih, daun kunci, kencur dan kunyit. Ramuan tradisional ini masih dipercayai sebagian masyarakat dapat menunda kehamilan, dan juga ramuan ini tidak membahayakan rahim / susah hamil permanen karena ramuan herbal alami. Jika anda ingin hamil maka cukup berhenti dalam mengkonsumsi ramuan ini dan silakan berhubungan pada masa subur. Apabila anda ingin mencobanya sebaiknya konsultasi dengan dokter anda terlebih dahulu karena kondisi badan orang berbeda-beda agar lebih aman.

Itulah beberapa cara untuk anda yang ingin menunda kehamilan. Tidak semua orang walaupun sudah menikah langsung menginginkan seorang anak karena memiliki anak dibutuhkan kesiapan baik secara mental, materi, umur dan kondisi yang tepat. Semoga artikel ini bermanfaat dan salam sehat selalu..