ibu hamil minum air putih

Kebutuhan air minum bagi ibu hamil harus diperhatikan untuk menjaga kesehatan ibu dan janin didalam kandungan. Ibu hamil harus memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuhnya yaitu salah satunya dengan cara minum air putih, agar ibu hamil tidak dehidrasi. Karena apabila ibu hamil dehidrasi maka bisa berakibat fatal bagi janin di dalam kandungannya. Cairan sangat dibutuhkan untuk meningkatkan volume darah dan juga untuk kebutuhan air ketuban ibu hamil. Oleh karena itu ibu hamil wajib minum air putih minimal 10 gelas per harinya.

Namun demikian banyak ibu hamil pada masa kehamilannya susah untuk meminum air putih karena merasa mual saat minum air putih dan tak jarang juga sehabis minum air putih mereka malah muntah. Padahal air putih sangat penting bagi proses kehamilan, karena air putih adalah sumber cairan yang baik bagi ibu dan janin. Nah, agar anda tidak merasa mual saat anda minum air putih, berikut ada beberapa cara yang bisa anda lakukan agar anda merasa senang dan tidak mual untuk minum air putih :

  • Minum dalam kondisi dingin
    Ibu hamil bisa minum air putih dalam kondisi dingin agar lebih menyenangkan dan menyegarkan tubuh yang seringkali ibu hamil merasa tubuh kepanasan.
  • Minum secara sedikit demi sedikit
    Anda bisa minum air putih dengan cara sedikit demi sedikit dan teratur, misalnya anda bisa minum secangkir air putih per jam dari pada minum air putih 1 gelas besar yang hanya akan membikin anda merasa mual.
  • Mencampurkan madu
    Anda bisa minum air putih dengan mencampurnya dengan madu, selain rasanya yang menenangkan madu juga bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh agar tubuh terhindar dari beberapa penyakit ringan yang diakibatkan oleh virus atau bakteri.

Air putih bagi ibu hamil memiliki manfaat yaitu :

  1. Dapat mengurangi sakit kepala selama masa kehamilan
  2. Dapat mencegah dehidrasi dan penumpukan cairan
  3. Dapat menghilangkan racun di dalam tubuh
  4. Dapat menstabilkan suhu tubuh
  5. Dapat mencegah timbulnya strechmark

Itulah beberapa tips yang bisa anda terapkan dalam meminum air putih untuk ibu hamil agar tidak merasa mual sehingga kebutuhan cairan tubuh anda tetap terpenuhi. Semoga bermanfaat dan salam sehat selalu..