bayi-sungsang

Pada usia kehamilan 9 bulan posisi bayi di dalam kandungan diharuskan sudah berada pada posisi yang normal yaitu kepala dibawah, tapi bagaimana jika kepala bayi anda masih diatas? Hal ini disebut dengan posisi bayi sungsang. Posisi bayi dikatakan sungsang ketika kepala janin masih berada di atas dan bokong dibawah, tidak berada pada jalan lahir yang benar dimana kepala bayi seharusnya pada posisi panggul ibu. Akibat dari posisi bayi sungsang ini bisa bermacam-macam diantaranya kesulitan dalam melahirkan secara normal. Banyak yang menganggap posisi bayi yang sungsang maka melahirkan nanti secara caesar. Akan tetapi ibu jangan khawatir, ternyata posisi bayi yang sungsang masih bisa diperpaiki ke posisi yang normal. Sebenarnya posisi sungsang ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti :

  • Air ketuban yang berlebih
  • Kelainan bentuk rahim
  • Kelainan janin
  • Bayi yang dikandung kembar
  • Perut kendur
  • Adanya tumor
  • Plasenta dibawah

Jenis-jenis bayi sungsang :

  1. Frank breech
    Dimana posisi bokong dengan kedua tungkai kaki terangkat keatas kadang kaki sampai menyentuh telinga
  1. Complete breach
    Letak bokong dengan kedua kaki ada disamping bokong, seakan posisi bayi dalam posisi jongkok, dengan bokong diatas mulut rahim dan lutut terangkat ke perut.
  1. Incomplete breech
    Dimana posisi satu kaki diatas dan kaki yang lainnya dibawah tetapi kasus letak sungsang ini jarang ditemui.

Bayi sungsang merupakan suatu kelainan letak bayi dimana posisi kepala diatas dan bokong dibawah, sebenarnya sampai janin berusia 34 minggu letak janin masih bebas, artinya kepala masih bisa diatas maupun dibawah. Tapi bagaimana apabila usia kehamilan sudah 34 minggu letak janin masih sungsang? Jangan khawatir, ibu masih bisa memperbaiki posisi bayi sungsang ini dan bisa melahirkan secara normal dengan melakukan beberapa cara, berikut tips untuk perbaiki bayi sungsang :

  • Lakukan posisi merangkak
    Posisi tubuh merangkak dengan kedua tangan lurus sejajar bahu, kepala tetap tegak, luruskan punggung, tarik nafas perlahan, lalu lengkungkan punggung kedalam sambil kepala ditarik ke dalam melihat dada anda, kemudian luruskan kembali.
  • Lakukan posisi knee chest
    Posisikan tubuh seperti orang bersujud (menungging) dengan kaki sejajar pinggul, dada sejajar lutut, dada menempel pada matras, kepala menoleh ke kiri / kanan dan tangan ada disamping kepala. Lakukanlah posisi ini sebanyak 2 – 3 kali dalam sehari selama 15 menit. Lakukan saat pagi dan malam hari, lebih baik saat perut dalam kondisi kosong.
  • Lakukan mengepel lantai
    Lakukan gerakan mengepel lantai dengan cara berjongkok juga dipercaya bisa memicu bayi memutar posisinya secara alami.
  • Lakukan relaksasi hypnobirthing
    Ajak bayi anda mengobrol, bicaralah kepadanya untuk meminta bayi anda bergerak turun, dengan kepala masuk ke dalam panggul. Lakukan hal ini secara rutin minimal 2 kali dalam sehari.
  • Renang
    Berenang merupakan salah satu jenis olahraga yang bagus untuk dilakukan saat hamil. Renang dapat membuat tubuh dan panggul longgar dan rileks sehingga memungkinkan bayi memutar tubuhnya secara alami.
  • Sinari perut
    Berbaringlah dengan posisi miring dan sinari perut dengan lampu senter, gerakkan senter turun perlahan dari puncak rahim ke arah tulang kemaluan anda. Biasanya bayi akan merespon cahaya tersebut dengan memutar tubuhnya.
  • Perdengarkan Musik klasik
    Letakkan headset diperut bagian bawah dekat tulang kemaluan dan putar musiknya, lakukan hal ini sebanyak 6 kali sehari selama 10 menit.

Itulah tips yang dapat anda lakukan agar janin anda memposisikan badannya pada jalan lahir yang tepat / normal. Selalu berusaha dan berpikirlah yang positif, Semoga anda bisa melahirkan secara normal dan lancar. Semoga bisa bermanfaat dan salam sehat selalu..