anak makan

Seringkali kita sebagai bunda bingung sekali ketika anak kita tidak mau makan. Sama seperti kita ternyata bayi atau anak-anak juga bisa merasa bosan dengan makanan yang itu-itu saja. Maka penting bagi kita sebagai bunda mencoba beberapa varisasi makanan agar anak kita mau makan dan terpenuhi kebutuhan gizinya. Karena dengan terpenuhinya gizi si kecil maka dia tidak mudah sakit. Kalau biasanya bayi bunda hanya dikasih bubur maka tidak ada salahnya diganti dengan sayur rebus seperti bayam atau kangkung, tapi ingat hanya diambil daunnya saja karena bayi belum bisa memakan sayuran yang kasar, atau bunda bisa mencoba membuat makanan dari buku resep, cari informasi di internet atau bereksperimen sendiri 😀 . tapi ingat ya bunda , bunda tidak boleh menggunakan garam saat memasak untuk makanan si kecil dibawah umur 1 tahun. Bunda bisa menggunakan bahan lain untuk penyedapnya seperti daun seledri atau bawang putih dan bunda juga harus memperhatikan beberapa hal penting dalam membuat makanan untuk si kecil, makanan yang akan bunda buat untuk si kecil akan lebih baik jika mengandung gizi sebagai berikut :

  • Karbohidrat

Makanan yang akan bunda buat sebaiknya mengandung karbohidrat karena karbohidrat sebagai sumber energi penting untuk si kecil agar sikecil tetap aktif. Karbohidrat sendiri tidak hanya terdapat dalam nasi, bunda bisa menggantinya dengan  umbi-umbian atau sereal sebagai pengganti nasi.

  • Protein

Untuk protein bunda bisa menggunakan ikan, daging, ayam, kacang hijau, kacang polong atau kacang merah di setiap menu makanan untuk si kecil.

  • Sayuran hijau

Untuk sayuran hijau bunda bisa menggunakan bayam atau kangkung yang diambil daunnya saja, aatau sayuran lainnya seperti brokoli.

  • Buah-buahan

Tidak lengkap rasanya jika menu makanan si kecil tidak ada buahnya, berilah sikecil buah-buahan yang masih segar seperti apel, jeruk atau mangga.

  • Produk tambahan

Bunda bisa juga memberikan susu atau yoghurt untuk menambah gizi si kecil, karena terkadang anak memang sangat susah untuk makan walaupun kita sudah membuat makanan yang bervariasi, adakalanya anak melakukan aksi menutup mulut setiap kali kita memberi makan. Bunda juga bisa memberi multivitamin tambahan agar kebutuhan nutrisi si kecil tercukupi dan menjaga fungsi percernaan.

Semoga membantu dan bermanfaat.