suplemen untuk ibu hamil

Selama kehamilan, ibu hamil membutuhkan nutrisi untuk mendukung kesehatannya dan perkembangan janin di dalam kandungan. Untuk itu dokter menyarankan, ibu hamil agar rutin mengkonsumsi suplemen dan vitamin yang membantu menunjang kebutuhan nutrisi bagi perkembangan dan pertumbuhan janin dan juga kesehatan ibu. Berikut beberapa suplemen dan vitamin penting untuk menunjang kesehatan ibu dan janin agar selalu sehat :

  1. Vitamin C
    Vitamin C bermanfaat dalam membantu penyerapan zat besi dan meningkatkan sistem daya tahan tubuh sebagai antioksidan alami yang berperan untuk menangkal penyakit ringan dan infeksi. Bagi ibu hamil yang anemia sebaiknya mengkonsumsi bahan makanan alami atau vitamin tambahan yang mengandung vitamin C.
    Sumber alami : jeruk, kiwi dll
  1. Vitamin B12
    Vitamin ini berfungsi untuk memaksimal perkembangan janin dalam membentuk sel-sel darah merah. Dokter biasanya akan memberikan suplemen tambahan vitamin B12 kepada ibu hamil yang bermasalah dalam mengkonsumsi produk hewani atau susu.
    Sumber alami : telur , daging sapi, susu dll
  1. Asam folat
    Asam folat sangat penting dikonsumsi untuk mengoptimalkan perkembangan janin guna mencegah resiko bayi lahir cacat. Pada umumnya ibu hamil membutuhkan 400 hingga 600 mcg asam folat setiap harinya.
    Sumber alami : pisang dll
  1. Zat besi
    Pada masa kehamilan ibu hamil rentan terkena anemia. Oleh karena itu, Ibu hamil membutuhkan zat besi, untuk mengangkut oksigen dan membentuk sel-sel darah merah untuk menunjang perkembangan otak janin.
    Sumber alami : sayuran hijau, susu, daging sapi dll
  1. Asam Lemak omega 3
    Asam lemak omega 3 memiliki peran penting dalam perkembangan otak janin dan juga bermanfaat menambah kecerdasan otak anak. Asam Lemak omega 3 juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung ibu.
    Sumber alami : ikan tuna, ikan salmon dan biji-bijian.
  1. Kalsium
    Kalsium sangat dibutuhkan untuk menjaga kekuatan tulang dan gigi ibu hamil serta pembentukan tulang dan gigi janin.
    Sumber alami : keju dan susu.

Ibu hamil diharapkan untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya. Sumber nutrisi paling bagus adalah sumber yang alami seperti sayur-sayuran, buah-buahan, daging dll. Sedangkan untuk suplemen tambahan hanya bersifat sebagai penunjang saja. Ibu hamil sebaiknya mengkonsumsi suplemen atau vitamin tambahan yang telah disarankan oleh dokter, dan meminumnya pun harus sesuai aturan. Karena kelebihan atau kekurangan suplemen dan vitamin akan berdampak pada perkembangan janin anda. Selalu konsultasikan keluhan-keluhan anda kepada dokter, agar dokter tahu apakah anda membutuhkan suplemen tambahan tertentu atau tidak. Semoga bermanfaat dan salam sehat selalu..